Senin, 08 Oktober 2012 - 0 komentar

Analisis & Opini Bisnis Online

Kali Ini saya akan membahas Tentang Bisnis Online, beserta keuntungan dan kendala-kendalanya. Oke langsung saja daripada berbelit-belit...


Beberapa keuntungan tersebut antara lain :

1. Beroperasi 24 jam sehari.
2. Modal/biaya yang diperlukan murah bahkan boleh dibilang sangat murah (bukan berarti tidak
    memerlukan biaya sama sekali).
3. Tidak perlu banyak pekerja (karyawan) untuk mengelola dan menjalankannya, karena Anda
    sendiri dapat melakukannya.
4. Sifatnya otomatis dan mudah dalam pengoperasian.
5. Tidak terikat oleh tempat, waktu dan keadaan. Kapan, dimana dan dalam keadaan apapun
    Anda tetap bisa menjalankan bisnis Anda, sehingga tidak memerlukan tempat khusus.
6. Prospeknya cenderung meningkat, karena dengan mudah dapat diketahui dan diakses oleh
    orang lain yang berarti bisnis Anda akan sangat mudah tersebar luas.
7. Banyak jenis dan macamnya. Anda dapat memilih bisnis yang sesuai dengan keahlian,
    kemampuan atau kesenangan Anda.
8. Tidak harus secara khusus menentukan target/sasaran pemasaran bisnis Anda.
9. Dapat dijalankan oleh hampir semua orang, selama mereka memiliki waktu, tenaga dan
    usaha untuk melakukannya.
10. Pemasukan (income) yang diperoleh mungkin sangat tidak terduga (banyaknya).
11. Aman dari risiko-risiko fisik bisnis konvensional seperti kebakaran, penjarahan,
       perampokan dan lain-lain.


Lalu, apa masih ada kendala dalam berbisnis online?

Ya, tentu saja setiap bisnis pasti mempunyai berbagai kendala, tinggal bagaimana kita menemukan solusi untuk memecahkan kendala tersebut, berikut ini berbagai kendala dan solusinya dalam berbisnis online :

1. Bisnis di Internet itu kebanyakan Penipuan, hal-hal yang dijual tidak ada wujudnya.
Solusi : Mungkin ada penipuan - penipuan bisnis di internet, tapi tidak semua bisnis Online adalah penipuan sama halnya dalam bisnis konvesional, ada yang jujur ada juga penipuan. Jadi kita harus berani tapi tetap waspada dan hati-hati memilih bisnis Online.

2. Saya takut gagal, dan apa yang kita beli untuk belajar tidak menghasilkan Uang.
Solusi : Kalau takut gagal kapan mau mulainya. Bukankah kegagalan itu akan jadi pembelajaran bagi kita. Hasil dalam belajar tidak langsung berupa Uang. Semangat, motivasi, pengalaman, keterampilan adalah hasil yang sangat berharga yang mungkin nantinya akan menghasilkan uang.

3. Saya tidak tahu mulai dari mana untuk berbisnis Online.
Solusi : Mulailah dari perubahan sikap. Pandangan positip terhadap bisnis ini adalah start
awal yang bagus sehingga kita bisa yakin akan keberhasilan bisnis ini. Nah untuk memulainya pelajari bisnis ini bisa dengan membaca buku, cari informasi di internet atau bahkan lewat
panduan & konsultasi bisnis Online agar lebih terfokus.

4. Membuat situs Web itu pekerjaan yang susah dan hanya dilakukan oleh Ahli.
komputer.
Solusi : Sekarang pembuatan Web sudah sangat gampang sekali kerena sudah banyak template/script yang mempermudah pembuatan website.

5. Saya tidak punya modal yang besar.
Solusi : Untuk berbisnis Online kita tidak harus membutuhkan modal yang besar. Bahkan modal terhubung ke internet aja sudah cukup. Website sudah bisa dibuat dengan gratis. Jika kita mau menjual barang berwujud bahkan kita tidak perlu memiliki stok, kita bisa bekerja sama dengan pihak supplier sebagai penyedia barang. Dengan begitu bisnis ini nyaris tanpa modal.

6. Di Internetkan sudah banyak saingannya, mungkin saya tidak akan berhasil.
Solusi : Internet itu lahan yang luas sekali bukan hanya di lokal saja tapi seluruh dunia. Jadi peluang sangat terbuka lebar. Bahkan pasar di internet makin bertambah seiring bertambahnya pengguna internet.

7.  Saya tidak mahir bahasa Inggris.
Solusi : Jika kita tidak bisa bahasa Inggris coba cari pasar untuk lokal dulu saja, kan cukup besar juga, tapi jika memang mau ke pasar internasional kita bisa mencari jasa penterjemah. Sekarang banyak penyedia jasa-jasa penterjemah sambil sedikit-sedikit kita juga belajar bahasa inggris.

8. Saya sangat sibuk dan tidak punya banyak waktu.
Solusi : Bisnis ini tidak harus selalu dikerjakan setiap saat atau di tunggu seperti di toko/warung biasa. Kita bisa melakukan pekerjaan beberapa saat saja lalu tinggal tunggu hasilnya. Kita juga bisa melakukannya dimana saja asal terhubung ke internet. Bisnis Online bisa dijadikan bisnis sambilan sehingga kita bisa melakukan aktifitas kita seperti biasa.

9. Berat bagi saya untuk terhubung ke internet selama 24 jam.
Solusi : Kita tidak usah terhubung ke internet selama 24 jam. Kita bisa terhubung saat kita memerlukan saja, misalnya ngecek dan melakukan transaksi.

Jadi, kesimpulannya dalam melakukan bisnis online kita cukup memerlukan Keberanian, Semangat, dan Motivasi yang tinggi saja.


Sebagai contoh, saya memilih kaskus. http://www.kaskus.co.id/ , mungkin bagi segelintiran orang sudah tidak asing lagi dengan url tersebut. ya, kaskus adalah forum diskusi dan jual beli terbesar di indonesia.





KASKUS adalah rumah bagi siapa saja untuk menemukan segala hal yang mereka butuhkan. Jutaan orang menggunakan KASKUS untuk mencari informasi, pengetahuan, bergabung dengan komunitas baru, hingga jual beli segala jenis barang dan jasa dengan harga terbaik.

KASKUS terbagi kedalam dua jenis forum yaitu Forum & Forum Jual Beli (FJB). Forum adalah tempat untuk mendiskusikan segala hal. FJB adalah tempat untuk bertransaksi jual beli segala macam produk.

Forum diskusi KASKUS kerap memberitakan informasi yang tidak bisa ditemukan di portal-portal berita lain. FJB KASKUS juga terbukti sebagai tempat paling lengkap untuk menemukan segala macam produk & jasa.

lalu apakah ini sebuah perusahaan? 
nampak nya hanya seperti forum yang menjembatani orang lain untuk melakukan kegiatan jual beli. lalu dimana untung nya? 
jika kita tidak begitu cermat, memang kita akan berfikir seperti itu. tapi coba kita lihat lebih jauh. sebagai komunitas forum dan forum jual beli, kaskus bisa di katakan menjadi yang nomor satu di indonesia. kaskus dijadikan barometer bagi mereka yang ingin mencari atau membeli sebuah barang. bahkan tidak salah apabila kita bilang kalau kaskus menguasai bisnis jual beli dalam lingkup yang tidak kecil. 

kaskus tidak perlu menyediakan barang untuk di jual, karena yang bertindak sebagain penjual adalah orang lain yang memanfaatkan situs ini. kemudian dimana untung nya? yang namanya perusahaan kan tujuan nya ya untung? . ya lihatlah,karena pengguna situs ini sudah sangat banyak bahkan jutaan orang. sehingga hal ini tidak membuat ragu perusahaan besar seperti LG, bank BII, Djarum, KFC untuk mengiklankan produk mereka di situs ini. tentu saja nilai kontrak nya tidak kecil. kemudian, ini adalah jual beli yang belum tentu penjual dan pembeli bisa saling bertemu, lalu bagaimana proses transaksi nya? bagaimana kalau terjadi penipuan? dalam hal ini kaskus melihat sebagai bidang bisnis yang dapat mendatangkan profit. kaskus memiliki istilah rekber atau rekening bersama dimana kaskus dapat menjadi penengah dalam proses transaksi. pertama si pembeli akan menransferkan uang nya ke rekber, setelah uang masuk ke rekening rekber maka rekber kan mengkonfirmasi ke penjual agar penjual segera mengirimkan barang nya ke pembeli, setelah itu penjual dapat mengkonfirmasi kepada rekber kalau barang yang dimaksud sudah di kirim ke pembeli. setelah rekber mendapat konfirmasi maka rekber akan menransfer uang yang telah di transfer oleh pembeli ke rekening si penjual. dari satu proses transaksi ini di kenakan tarif Rp 10.000 sampai Rp 100.000 tergantung besar kecil nya transaksi. bayangkan apabila dalam sehari terdapat seribu transaksi dengan nilai biaya rekber Rp 10.000 maka keuntungan kaskus dalam sehari adalah 10.000.000. itu baru seribu transaksi dengan biaya rekber 10.000, bagaimana kalau lebih besar lagi? mengingat kaskus merupakan forum jual beli terbesar di indonesia dengan jutaan pengguna nya. bukan keuntungan yang kecil lho

visi dan misi nya seperti apa sih?
visi dan misi dari kaskus ini memang tidak di cantumkan pada website. namun jika dilihat visi dan misi kaskus sayan fikir seperti ini. 
visi : menjadi forum dan forum jual beli terbesar dan terlengkap di indonesia
misi : memberikan pelayanan yang berkualitas kepada penggunanya, dan memberikan kontribusi optimal bagi penjual dan pembeli dari situs ini.
bagaimana pola perekrutan dari kaskus ini? 
untuk hal ini,kaskus mencatumkan sebuah page tersendiri dalam website nya. lebih lanjut dapat di liat http://livebeta.kaskus.co.id/about/jobs . pola seperti ini tentu menghemat biaya daripada harus mencantumkan lowongan kerja di media cetak maupun di media elektronik.
bagaimana dengan tanggung jawab sosial kepada konsumen? dan kepada lingkungan sekitar dan tempat tinggal?
tanggung jawab apa ya itu? sesuai yang saya kutip pada sebuah artikel "Kemampuan perusahaan untuk menutupi implikasi lingkungan yang berasal dari; produk operasi dan fasilitas, menghilangkan limbah dan emisi, memaksimalkan efisiensi dan produktivitas sumber daya alam dan meminimalkan praktek-praktek yang buruk dapat mempengaruhi kenikmatan sumber daya alam suatu negara bagi generasi mendatang" . ya karena kaskus tidak memiliki produk sendiri apalagi penggunaan sumber daya alam dsb, maka dalam hal ini kaskus secara tersirat tidak memiliki tanggung jawab seperti yang di sebutkan di atas. namun sebagai sebuah forum yang sangat dikenal masyarakat saat ini, kaskus bertanggung jawab untuk memberikan pendidikan ataupun pengetahuan kepada masyarakat apa itu FJB, bagaimana peraturan-peraturan FJB, dsb. kaskus pun tidak jarang memberikan sebuah seminar tentang bagaimana FJB yang baik dan benar. sehingga diharapkan masyarakat kini menjadi tahu kalau jual beli sekarang ini bukan hanya sekedar pergi ke toko dan membeli barang, namun dapat dilakukan langsung di rumah melalui FJB itu sendiri.

kemudian apa keuntungan dari kaskus dengan melakukan tanggung jawab sosial kepada masyarakat dan lingkungan? 
jelas hal ini akan meningkatkan reputasi dari kaskus itu sendiri sebagai forum dan forum jual beli yang aman, terpercaya, terbesar, terlengkap, dan berkualitas. sehingga orang yang akan melakukan transaksi jual beli di kaskus menjadi tidak ragu dengan kemanan dari transaksi jual beli yang ada di kaskus.
selain itu hal ini dapat menjadi pembeda kaskus dengan pasa pesaing nya. ya kaskus bukanlah satu-satunya forum jual beli yang ada di indonesia, sebuat saja https://www.bukalapak.com/ , http://www.tokobagus.com/ , dengan sering memberikan tanggung jawab sosial kepada masyarakat dan lingkungan sekitar  kaskus akan memiliki kemampuan dan kesempatan dalam menonjolkan keunggulan komparatifnya sehingga dengan mudah dapat memberikan nilai plus yang berbeda dengan para pesaingnya yang tidak melakukan kegiatan sosial terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar

oke sekian dulu


Sumber :
http://www.anneahira.com/kaskus-us.htm
http://saefulnugroho.blogspot.com/2012/10/bisni-informatika.html



0 komentar:

Posting Komentar